Synergy Education Learning
(Lembaga Pendidikan, Pengasuhan, dan Pelatihan Keluarga)
Alamat:
Lokasi 1: Jalan Istana Bunga Dewandaru Kav. 5 Kota Malang
Lokasi 2 : Jalan Bunga Gardena No. 1 Kota Malang Jawa Timur
Overview
Anak berkebutuhan khusus (Children with
Special Needs) telah menjadi fenomena di jaman modern ini. Semakin hari
semakin bertambah jumlah ABK. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa
di Amerika Serikat angka ABK telah mencapai 1:88 atau ditemukan satu ABK
dalam 88 anak. Menurut beberapa ahli, hal ini terjadi karena dua
kemungkinan yang pertama adalah gaya hidup masyarakat modern telah
membuat angka ABK semakin bertambah, walaupun penyebab munculnya
hambatan pada anak berkebutuhan khusus misalnya autis masih belum
diketahui secara pasti akan tetapi gaya hidup yang meliputi pola makan,
asupan gizi, pencemaran dan lain-lain ditengarai menjadi salah-satu
penyebabnya. Kemungkinan kedua adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi yang mengakibatkan semakin mudah mengidentifikasi (screening)
anak dengan hambatan tertentu sejak dini.
Berkembangnya jumlah ABK idealnya
berkembang pula kesadaran masyarakat terhadap keberadaan mereka.
Kesadaran ini meliputi penerimaan terhadap kehadiran mereka di
ruang-ruang publik dan yang paling penting adalah pemberian pelayanan
pendidikan yang menyeluruh dan berkelanjutan demi masa depan mereka.
Hingga saat ini keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) masih
dipandang sebelah mata. Banyak orang yang prihatin melihat kondisinya,
banyak yang meragukan kemampuannya, bahkan banyak yang menolak kehadiran
mereka dalam interaksi sosial. Padahal ABK juga memiliki potensi yang
perlu digali, mereka juga membutuhkan lingkungan social yang layak untuk
perkembangan sosioemosional. Hal ini dilakukan agar ABK tidak merasa
takut berada dalam lingkungan sosialnya.
Hal ini sejalan dengan Permendiknas
Nomor 70 tahun 2009, bahwa “Pendidikan inklusif bertujuan memberikan
kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua peserta didik yang memiliki
kelainan fisik, emosional, mental dan sosial atau memiliki kecerdasan
dan atau bakat istimewa untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai
dengan kebutuhan dan kemampuannya dan mewujudkan penyelenggaraan
pendidikan yang menghargai keanekaragaman dan tidak diskriminatif bagi
semua peserta didik”. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan harus
menyeluruh dan melibatkan semua anak.
Oleh karena itu, perlu adanya tindakan
sebagai upaya untuk menagani anak-anak tersebut sebagai wujud kepedulian
dan tanggung jawab terhadap masa depan anak-anak spesial di Indonesia.
Atas dasar itu, Synergy Education Learning bertujuan memberi pelayanan
pendidikan berkualitas untuk anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga
mereka memperoleh kesempatan meraih masa depan yang dicita-citakan. Di
samping itu juga berpartisipasi untuk meningkatkan kepedulian dan
penerimaan terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus.
SEJARAH SYNERGI EDUCATION LEARNING
Synergy didirikan berdasarkan mimpi
untuk menciptakan lingkungan yang ramah anak terutama untuk anak
berkebutuhan khusus sekaligus ingin memberi pelayanan pendidikan yang
berkelanjutan terhadap ABK. Berdasarkan observasi pada beberapa pusat
layanan anak berkebutuhan khusus di kota Malang dan beberapa kota di
Indonesia. Belum ada yang menawarkan layanan pendidikan (terapi) dalam
durasi waktu 8 jam atau 40 jam seminggu. Lembaga ini berdiri pada April
tahun 2012 yang diprakarsai oleh Ibu Lusi Susanti, S.Psi. beliau adalah
praktisi pendidikan anak berkebutuhan khusus di Kota Malang.
TUJUAN
- Memberi pelayanan pendidikan dan pengasuhan yang komprehensif dan berkelanjutan kepada anak dengan kebutuhan khusus
- Memberikan beasiswa pendidikan dalam bentuk dukungan finansial, sesuai dengan kesanggupan yang dicantumkan dalam format kesanggupan menjadi orang tua asuh
VISI DAN MISI LEMBAGA
1
Visi
Menjadi
lembaga pendidikan, pengasuhan anak dan pelatihan keluarga yang terkemuka dan
sebagai pusat pengembangan dan pemerhati pendidikan anak yang berintergritas dan
profesional.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghargai setiap kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kesesuaian dengan tugas perkembangan yang harus dilaluinya
- Menyelenggarkan pengasuhan yang berkasih sayang dan terprogram sesuai kebutuhan perkembangan anak
- Mengembangkan bakat dan minat peserta didik yang nantinya dapat bermanfaat dimasa depan
- Mengembangkan sistem dan managemen program pendidikan dan pengasuhan anak yang berbasis penjaminan mutu
- Mengembangkan budaya kerja cerdas, kreatif, tuntas, ikhlas yang berbasis kearifan lokal
- Meningkatkan peran serta orang tua dalam mengembangkan program pendidikan dan pengasuhan anak yang bersinegritas dan berkelanjutan
0 komentar:
Posting Komentar